Menelusuri Sejarah Indochina di Museum Henri Parmentier 1919 SaigonSan Restaurant - Radar Malang Online

KOTA MALANG – Restoran tematik yang baru dibuka dan berlokasi di jantung kota Malang; SaigonSan dibangun dengan inspirasi dari negara-negara Indocina, seperti Thailand, Vietnam, Laos, Burma dan Kamboja.

Tak hanya menikmati menu-menu Indocina, Anda juga bisa memanjakan mata dengan menikmati interior restoran yang berada di kompleks Hotel Tugu Malang itu.

Di SaigonSan, Anda akan menjumpai Royal Angkor Room – ruangan yang menyerupai kompleks Angkor Wat di Kamboja. Royal Angkor Room dihiasi layaknya pasar malam di negara-negara Indochina. Di dalamnya terdapat empat ruang makan pribadi dengan tema-tema unik dan sebuah museum kecil berisikan koleksi barang antik yang didekasikan untuk Henri Parmentier, seorang arkeolog Prancis terkenal dan berjasa untuk suku Champa.

Museum Henri Parmentier 1919 terletak di sudut ruangan Royal Angkor. Henri Parmentier merupakan arkeolog Prancis, dan juga seorang sejarawan senior terkenal yang membantu menyelamatkan serta melindungi artefak-artefak suku Champa.

Pada tahun 1900, Parmentier memutuskan untuk bergabung dengan arkeolog Henri Dufour dan fotografer Charles Carpeaux dalam misi arkeologis di Indocina untuk merancang, menggambarkan, menerbitkan, dan melestarikan monumen Champa, Candi Budha ??ng D??ng (1902) di Vietnam.

Parmentier juga mempelajari arsitektur Jawa untuk membandingkannya dengan gaya arsitektur Champa. Pada tahun 1904, Parmentier menjadi kepala departemen Arkeologi École française d’Extrême-Orient dan selama masa jabatannya, Parmentier selalu aktif dalam melestarikan artefak suku Champa.

Terinspirasi oleh perjuangan dan dedikasi Parmentier dalam melestarikan artefak suku Champa, ruang Henri Parmentier 1919 disusun untuk menampilkan koleksi barang antik Indochina sebagai kenangan akan sejarah yang terlupakan. Para tamu dapat melihat banyak benda seni yang ditampilkan di kamar selama kunjungan mereka di restoran Saigonsan atau sembari menunggu makanan disajikan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat langsung menghubungi Saigonsan di 081259977618.

Penyunting: Fia
Foto: istimewa